- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Kurikulum 2013
Indonesia Kelas 10 Semester 1 Bab 1 Uji Kompetensi Halaman 85Jelaskan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atau pendapat tersebut!
Teori Ksatria.
- Kelebihannya yaitu Kekuatan teori ini terletak pada semangat petualangan para kaum ksatria. Yaitu para kaum bangsawan atau prajurit. Pendapat tersebut cukup relevan dengan kondisi saat ini. Yaitu, misalnya pemerintah indonesia yang melakukan kunjungan kenegaraan dengan maksud untuk mempromosikan atau menawarkan kerjasama terhadap potensi yang ada di Indonesia. Contohnya di bidang pariwisata. Jika promosi atau kerjasama ini berhasil, kebudayaan yang ada di Indonesia bisa dikenal oleh masyarakat dunia?
- Kelemahannya yaitu kurang disertai dengan bukti-bukti yang mendukung. Selama ini belum ada ahli yang dapat menemukan bukti-bukti yang menunjukkan adanya ekspansi dari prajurit-prajurit India ke Kepulauan Indonesia.
Teori Waisya.
- Kelebihannya yaitu teori yang menyebutkan bahwa ajaran hindu-buddha tersebar melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan. Sangat relevan. Karena Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya. Misal dari perkebunan dan pertambangan. Membuat bangsa India tertarik untuk melakukan kegiatan pelayaran dan perdagangan ke Indonesia.
- Kekurangnnya yaitu, Tidak disebutkan secara pasti kapan bangsa india mulai melakukan kegiatan pelayaran dan perdagangan ke Indonesia.
Teori Brahmana.
- Kelebihannya yaitu didasarkan atas temuan-temuan prasasti yang menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Bahasa dan huruf tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana.
- Kekurangannya yaitu tidak diketahui secara pasti siapa tokoh atau kaum brahmana yang berperan dalam hinduisasi di Indonesia. Mengingat kaum Brahmana merupakan kasta tertinggi dalam ajaran Hindu-buddha, seharusnya ada tokoh yang dapat dikenal.
Teori Arus Balik.
- Kelebihannyya yaitu teori yang menyebutkan bahwa adanya tokoh atau atau kaum terpelajar yang memiliki semangat untuk memperdalam ajaran hindu-budha dengan pergi langsung ke india, yang kemudian setelah kembali, mereka menyebarkan ajaran hindu-buddha kepada masyarakatnya. Cukup relevan. Karena jika dibandingkan dengan saat ini, juga banyak tokoh atau pelajar yang memperdalam ilmunya ke luar negeri, yang kemudian setelah selesai menuntut ilmu, mereka kembali untuk menerapkannya di indonesia.
- Kelemahannya yaitu kurang disertai dengan bukti-bukti yang mendukung. Belum ada ahli yang dapat menemukan bukti-bukti yang menunjukkan adanya tokoh atau kaum terpelajar yang terbukti datang langsung ke india untuk memperdalam ajaran hindu-buddha.


Komentar
Posting Komentar