Langsung ke konten utama

Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia! Nilai apa saja yang sekiranya dapat kamu amalkan?

Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia! Nilai apa saja yang sekiranya dapat kamu amalkan?

- Nasionalisme, yaitu rasa cinta raja dan rakyat terhadap kerajaan atau kesultananya. Dibuktikan dengan masa-masa keemasan atau kejayaan kerajaan yang merupakan hasil dari kerjasama antara raja dan rakyatnya.

- Patriotisme, yaitu rasa rela berkorban raja dan rakyatnya untuk kerajaannya. Dibuktikan dengan perlawanan-perlawanan yang dilakukan untuk menghadapai penjajahan dari Belanda (VOC).
Sejarah Indonesia Kelas X Semester 2 Bab III Uji Kompetensi Halaman 86 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana penilaianmu berhasilkah taktik Jepang untuk menguasai Indonesia dengan berbagai propaganda, “Jepang saudara tua”, Pan-Asia dengan “Gerakan Tiga A”?

Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Bab 5 Latih Uji Kompetensi Halaman 39 Bagaimana penilaianmu berhasilkah taktik Jepang untuk menguasai Indonesia dengan berbagai propaganda, “Jepang saudara tua”, Pan-Asia dengan “Gerakan Tiga A”? Berbagai propaganda yang dilakukan oleh jepang diantaranya yaitu, kedatangannya ke Indonesia adalah untuk membebaskan rakyat dari cengkeraman penjajahan bangsa Barat dan akan membantu memajukan rakyat Indonesia. Selain itu, melalui program Pan-Asia Jepang juga akan memajukan dan menyatukan seluruh rakyat Asia. Untuk lebih meyakinkan rakyat Indonesia, Jepang menegaskan kembali bahwa Jepang tidak lain adalah “saudara tua”, jadi Jepang dan Indonesia sama. Bahkan untuk meneguhkan progandanya tentang Pan-Asia, Jepang berusaha membentuk perkumpulan yang diberi nama “Gerakan Tiga A”. Pada awalnya propaganda yang dilakukan jepang berhasil menarik simpati bangsa Indonesia, ...

Bagaimana penilaianmu tentang organisasi pergerakan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? Terdapat dua model strategi, ada yang bersifat kooperatif dengan Jepang, tetapi ada nonkooperatif atau gerakan bawah tanah. Jelaskan secara kritis!

Sejarah Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Latih Uji Kompetensi Halaman 39 Bagaimana penilaianmu tentang organisasi pergerakan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? Terdapat dua model strategi, ada yang bersifat kooperatif dengan Jepang, tetapi ada nonkooperatif atau gerakan bawah tanah. Jelaskan secara kritis! [ 1 ] Strategi kooperatif yaitu strategi yang dilakukan dengan bekerjasama dengan jepang. Tokoh yang kooperatif terhadap jepang diantaranya adalah Sukarno, Ki Hajar Dewantoro, Moh. Hatta, dan K.H. Mas Mansyur. Atau sering disebut dengan empat serangkai. Strategi ini dilakukan agar Indonesia terkesan bersahabat dan mendukung jepang. Kemenangan jepang terhadap rusia pada tahun 1905. Juga membuat tokoh nasional yaitu Soekarno terkesan pada kehebatan jepang dan percaya bahwa jepang akan memenangkan perang sehingga ia bersikap kooperatif. Selain itu, sikap kooperatif terhadap jepang juga bisa dipengaruhi karen...

Coba kamu inventarisir alat-alat manusia purba pada zaman batu dan masukkan ke dalam tabel di bawah ini

Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013 Sejarah Indonesia Kelas 10 Semester 1 Bab 1 Uji Kompetensi Halaman 68 Coba kamu inventarisir alat-alat manusia purba pada zaman batu dan masukkan ke dalam tabel di bawah ini :